Sunday, December 27, 2015

Curug Cantel Bumijawa " Curug Keren di kaki Gunung Slamet "

22 Desember 2005
Setelah hari kemaren saya di manjakan dengan beberapa Curug Indah yang berada di daerah Pemalang. Hari ini saya berencana menjelajahi beberapa Curug yang ada di Tegal Jawa Tengah. Kali Rafi keponakan saya sebagai teman dalam perjalanan ini. tepat pukul 05.00 Wib saya memulai perjalanan. dinginya suasana pegunungan tak menjadi halangan buat kami untuk melajukan kendaraan ke arah Bumi Jawa.

Tujuan pertama kami adalah menikmati keindahan Curug Cantel. yang berada kaki Gunung Slamet, tepatnya di Dukuh kalipedes Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Tegal Jawa Tengah. untuk menuju kesana kami menggunakan kendaraan Roda dua, dari Desa Kalibakung menyusuri jalan berliku ke arah Bojong. pesona Gunung Slamet di pagi buta menjadi penghias perjalanan kali ini.

Sampai di jalan raya Bojong Kokohnya Gunung Slamet sangat nyata dengan kabut memotong puncak gunung, pemandangan yang langka buatku, tak ingin kusiasiakan akupun sempat berhenti sejenak untuk mensyukuri nikmat alam yang di berikan Allah SWT. perjalananpun aku lanjutkan ke arah Tuwel dan di lanjutkan menuju Bumi Jawa. sebelum sampai ke Bumi Jawa terdapat pertigaan Talang motorpun berbelok ke kiri, jalan lurus dengan udara sejuk dapat kami nikmati di sini. kami berbelok kekiri setelah menemui pertigaan ke dua. perjalanan kami lanjutkan ke arah desa Batumirah - Sirampog.

Jalan Lurus terkadang berliku perbukitan yang nyata dengan pepohonan cemara yang indah mempesona mengiri perjalanan selanjutnya. sampai ahirnya kami di dusun Kalipedes, tampak dari kejauhan jembatan dengan perbukitan yang cukup menawan dari kejauhan, dari sanalah kami bisa melanjutkan treking ke arah Curug Cantel.

karena masih terlalu pagi tidak ada seorangpun di lokasi ini, kami hanya menemukan warung-warung kosong yang tak berpenghuni. kamipun memarkirkan kendaraan di bawah gubug yang sudah di sediakan sebagai tempat parkir kendaraan bermotor. petunjuk ke arah Curug Cantel mengarahkan kami untuk melakukan treking. kamipun segera menyusuri jalan tanah. tumbuhan bawang sebagai salah satu tanaman pertanian khas pegunungan menyambut keberadan kami di area ini. langkah kami tak terhenti sampai kami menjumpai aliran sungai kecil.

Untuk menlanjutkan treking kami harus menyebrangi sungai tersebut. beruntung aliran sungai tidak terlalu deras. tak dalam pula tak sampau lutut kami. dinginnya air sungai ini mampu menambah energi positif buat kami untuk segera melakukan treking lebih dalam ke Curug Contel.

Perjalannan kami lanjutkan dengan menembus semak belukar yang menghadang langkah, warga setempat membentuk jalan setapak ini. tak ada rasa takut sedikitpun saat kami melangkah menyusuri jalan nan sepi ini. kicauan burung pagi bersautan indah ditelinga kami. seolah-olah mereka sedang menemani perjalanan ini.

Kami terus berjalan trek sekitar hampir 500 meter harus kami lalui, treking yang lumayan menanjak dengan kemiringan hampir 30 derajat kami harus ekstra hati-hati, jalanan yang licin dan rawan longsor  kami jumpai di sini. beruntung bagi kami menjelajahi Curug Cantel di pagi buta ini.. kami dapat menemukan beberapa satwa langka yang di lindung di sini. mereka berkejaran dan terkadang mengagetkan langkah kami. kami tak takut karena mereka tak mengganggu kami. kamipun melanjutkan perjalanan yang cukup menguras energi ini.

Deburan air dari kejauhan terdengar sangat keras, langkah kakipun kami percepat untuk segera menikmati embun yang di taburkan curug ini. sampai ahirnya kami menjumpai jembatan bambu yang melintasi sungai, kamipun menyebrangi jembatan tersebut. tumpahan air dari atas tebing sudah menggoda mata kami. kamipun menatap lekat aitr terjun Cantel yang mempesona itu. air terjun dengan ketinggian sekitar 60 meter ini di apit oleh perbukitan.

Untuk mendekati air terjun ini kami harus menuruni tebing dengan bantuan batang bambu yang bersender di tepi tebing. dengan hati-hati kami menuruni bambu tersebut. hanya satu keinginan kami untuk lebih dekat merasakan belaian deburan air dari kettinggian ini.

Keindahan Curug Cantel dengan tebing-tebing yang mempesona dengan aliran yang menkjubkan membuat aku tertegun. sungguh indah Ciptaan Allah.. maka Nikmat mana yang kau dustakan lagi..?? kenikmatan yang tak terkira sudah aku dapatkan di sini, keteduhan dan ketenangan jiwa saat memandang bebas keindahan semesta ini. akupun bersyukur masih di beri kenikmatan yang tiada taranya ini.

aku semakin mendekat jke arah hempasan embun yang di timbulkan dari Curug Cantel. bebatuan tebing yang terdapat di depan air terjun menggodaku untuk aku sentuh. akupun mencoba menggapainya untuk merasakan sensasi yang luar biasa dari sini. Curug ini menurutku merupakan curug yang tertinggi yang aku jumpai di kawasan tegal jawa tengah ini.

Puas rasanya aku berlama-lam di depan Curug Cantel, hempasan embun membasahi aku, dinginya air yang melekat di tubuhpun tak aku hiraukan lagi. kini aku puas dengan keindahan dan pesona curug Cantel. rasa letih hilang dan sirna setelah sampai di curug ini.

Ada beberapa larangan bila mau mengunjungi Curug Ini dan ini terpampang jelas di spanduk besar. mudah-mudahan setiap pengunjung curug cantel dapat mentaati peraturan tersebut.

1. wah keren banget pemandangannya masbro..segeeerr. Jangan lupa mampir ke Talaga Sampireun Bintaro

2. Siap mas bro... udah pernah kesana nih mas bro..

3. Gan ane minta rutenya yg jelas dong, kira2 dari slawi brapa lama?

4. kie kang sing slawi arah yomani ambil kiri lurus lewatin danawarih-kalibakung-bojong-tuwel lurus arah bumijawa, setelah lewati jembatan bumijawa ada pertigaan talang ambil kiri lurus, ketemu pertigaan lagi ambil kiri ikutin jalan lurus arah mentik ketemu jembatan sigedong.. jalan menuju sana lumayan bagus ko.. dari slawi sekitar1,5 jam kayaknya..