Saturday, October 15, 2016

Menikmati Suasana Tiongkok di Kuil Sam Poo Kong Semarang


Nuansa merah menghiasi seluruh bangunan yang berada di daerah ini, Bangunan dengan arsitektur China daratan nan megah dengan beberapa patung - patung dewa dewi menghiasi area Klenteng tersebut. Lampion-lampion yang terdapat di sekitar bangunan dan pepohonan sepanjang pintu masuk seolah saya berada di Negri Tiongkok, Sebuah kuil megah yang saya kunjungi saat berada di semarang kuil tersebut terletak di Simongan, Semarang Indonesia. Kuil Sam Poo Kong atau dikenal juga Gedong Batu merupakan sebuah Kuil Tionghoa dan konon dulu sebagai tempat persinggahan dan pendaratan pertama laksamana Cheng Ho. 



Ada beberapa Bangunan yang terdapat di Kuil atau Klenteng Sam Poo Kong tetap sebenarnya bangunan utama klenteng tersebut adalah sebuah Gua Batu yang juga sebagai tempat utama di kawasan klenteng ini. Gua batu inilah yang di gunakan laksamana Cheng Ho sebagai tempat untuk melakukan ibadah sholat. Uniknya tempat tersebut juga di gunakan oleh awak kapalnya yang beraagama Budha untuk melakukan ibadah. 


Mengelilingi bangunan unik ini sangatlah menakjubkan, ada beberapa bangunan yang terdapat di Klenteng atau Kuil Sam Poo kong, Bangunan - Banguna tersebut di beri nama yang sangat unik, hal tersebut di karenakan nama bangunan di ambil dari benda yang berasal dari kapal, misalkan saja Mbah Kiai Cundrik Bumi merupakan tempat segala jenis persenjataan yang di gunakan untuk mempersenjatai kapal. Kiai atau Nyai Tumpeng yang berurusan dengan makanan di kapal dan kyai Djangkar sebagai tempat untuk meletakan djangkar kapal. sedangkan mabh Djurumudi di percaya sebagai makam dan jurumudi kapal.


Di halaman yang cukup luas Klenteng atau Kuil Sam Poo Kong terdapat beberapa patung salah satunya adalah Patung laksamana Cheng Ho yang sangat menarik dan menjadi pusat para wisatawan untu mengabadikan kunjunganya. Di halaman tersebut juga di gunakan sebagai tempat atraksi - atraksi kesenian berupa tari tarian, barongsai atau kegiatan lainya di gelar seperti memperingati Laksaman Cheng Ho atau hari besar China. 


Tak dapat dipungkiri Kuil atau Klenteng Sam Poo Kong merupakan Cagar budaya kota semarang sebagai destinasi yang wajib di kunjungi, selain menikmati dan merasakan suasana tiongkok kita juga belajar mengenai sejarah. sangat di sarankan sambil berkeliling kita mendengarkan penjelasan dari Guide mengenai seluk beluk dari Kuli Sam Poo Kong tersebut. 

No comments:

Post a Comment