Monday, October 3, 2016

Danau Kassi Kebo Taman Nasional Bantimurung Keindahan yang menghanyutkan


Keindahan Taman Nasional Bantimurung - Bulusaraung tak ada habisnya, Setelah menikmati keindahan kupu-kupu di musium kupu-kupu (https://jalantraveller.blogspot.co.id/2016/10/kerajaan-kupu-kupu-di-taman-nasional.html) dan pesona air terjun (https://jalantraveller.blogspot.co.id/2016/10/unik-dan-indahnya-air-terjun.html) kamipun Bantimurung kamipun beranjak menuju Danau Kassi Kebo. Danau Kassi Kebo berjarak sekitar 800 meter dari Air terjun Bantimurung, Kami harus meniti 119 anak tangga dengan tingkat kemiringan lebih dari 45 derajat, tak perlu khawatir setelah melewati anak tersebut jalan setapak yang landaipun akan di umpai. 



Setelah melewati anak tangga dengan pesona Air terjun Bantimurung di samping sebelah kananya kamipun menyusri jalan setapak yang landai, menembus hutan dengan sesekali terdengar kicauan burung bersautan membuat perjalanan makin mengasikan. kami melewati sebuah makam  yang ada di sebelah kiri jalan setapak, menurut pemandu kami makam tersebut adalah makam Raja Toakala,Selain di kenal dengan sebutan Danau Kassi Kebo danau ini di sebut juga Danau Toakala. 


Kamipun berjalan menyusuri jalanan setapak, di sebelah kanan kami terdapat deretan karst menyerupai tebing yang tinggi, dengan pepeohonan hijau menjadi pelengkap keindahan. terdapat aliran sungai cantik yang berwarna hijau sungai ini teramat tenang seolah tak ada aliran, kamipun sempat menikmati ketenangan dan keelokan sungai tersebut dengan duduk-duduk di sebuah bangku bambu di tepi sungai. menurut sang pemandu ada larangan untuk mandi atau berenang di sungai tersebut. menerutnya ada arus yang sangat deras di dasar sungai yang berbentuk pusaran yang akan menyeret setiap orang yang berenang di sungai tersebut. sungguh mengerikan membayangkanya.. 


Setelah kami di hibur oleh indahnya sungai yang bermuara menjadi air terjun Bantimurung yang aliranya sangat deras perjalananpun kami lanjutkan. takbutuh waktu lama untuk dapat menikmati keindahan Danau Kassi kebo atau Danau Toakala kamipun sampai di tepian danau yang sangat mempesona. Danau yang sangat tenang dengan warna air biru langit serta pasir putih yang mengelilinginya di tambah terdapatnya air terjun yang tak terlalu tinggi tetapi menambah kecantikan Danau Kassi Kebo.


Danau yang tenang ini ternyata sangat menghanyutkan, menurut pemandu yang mengikuti kami danau ini sudah menelan banyak korban, tak heran jalan menuju air terjun di tutup sudah lebih dari lima tahun silam. Walau air terjun yang berada di Danau Kassi kebo terbilang kecil namun di dasar air terjun terdapat pusaran yang teramat deras yang akan membawa korban ke sungai bawah tanah sehinga setiap korban yang hilang tak akan pernah di temukan mayatnya. sungguh teramat mengerikan, 



Dibalik cerita miengerikan karena danau Kassi kebo menelan banyak korban ada sesuatu yang sangat menarik di tepian danau ini. gerombolan kupu-kupu yang inidah hinggap di tepian danau mungkin ratusan jumlahnya. mereka sangat tenang menikmati tepi danau yang berpasir putih terkadang terbang dan hinggap lagi menghisap sari danau, beruntung kami dapat menyaksikan ritual kupu kupu di pagi hari ini. menurut sang pemandu tepian Danau Kassi Kebo di jadikan tempat pavorit kupu-kupu untuk berkumpul sungguh sangat menakjubkan.inilah yang menjadi daya tarik Taman Nasional Bantimurung-burusaraung gerombolan kupu-kupu cantik akan menyapa wisatawan di pagi hari. 


Ketenangan Danau Passi Kebo atau danau Toalak membuat kita terasa damai terbebas dari hiruk pikuk kota yang terkadang membuat kita terasa tertekan, keidahan Danau Kassi kebo haruslah tetap kita jaga dengan tidak mengotori dan membuang sampah sembarang akan menjaga kelestarian alam ini dan tentunya ingat jangan sekali-kali melanggar larangan yang  ada atau mungkin anda menjadi korban selanjutnya. Salam Traveller dari sang Jejak tak berujung. 

3 comments: