Sunday, September 27, 2015

Curug Luhur Tegal

Tegal Juga mempunyai air terjun yang cukup indah tak kalah dengan keindahan curug di daerah bogor dan sukabumi, salah satu curug yang berada di daerah tegal adalah Curug Luhur. Curug Luhur merupakan salah satu curug yang terdapat di hulu aliran sungai gunung atau sering kami (warga Tegal) sebut dengan Kali Gung.  Untuk menuju Curug ini bisa di tempuh dengan kendaraan, baik menggunakan kendaraan pribadi, angkutan maupun motor.

Bila kita menggunakan kendaraan pribadi atau motor  dari arah tegal menuju ke arah bumiayu, setelah melewati Lebaksiu di pertigaan yomani belok kiri, kemudian mengikuti jalan besar menuju Bumi jawa atau tuwel.  Pemandangan yang indah dengan jalan yang menanjak dan berkelok serta perbukitan dapat di nikmati selama menyusuri jalan ini, perlu di perhatikan kendaraan yang tidak terbiasa menanjak di sarankan tidak melewati jalan ini, sering terjadi kecelakaan karena kendaraan tidak mampu melewati tanjakan dan tikungan tajam. setelah melewati bojong terdapat pertigaan tuwel ambil yang kekiri ke arah bumi jawa, tak jauh dari situ terdapat SMAN Bojong, dari SMAN Bojong masuk ke kiri dan dan dapat memarkirkan kendaraan di situ.

Bila menggunakan angkutan umum dari tegal naik angkutan minibus ke arah Bumiayu turun di pertigaan Yomani kemudian naik angkutan ke arah Bumijawa turun di SMAN 1 Bojong di lanjutkan dengan treking, bila dari Banjaran atau Slawi bisa langsung naik angkutan ke arah bumijawa turun di SMAN Bojong kemudian di lanjutkan dengan treking ke curug. bila dari arah purwokerto atau bumiayu naik angkutan ke arah tegal turun di yomani kemudian di lanjut dengan angkutan ke arah bumijawa turun di SMAN Bojong.

Setelah sampai di SMAN bojong kemudian di lanjutkan treking ke Curug Luhur. Curug ini terletak di antara  desa Sokasari kecamatan Bumijawa dan desa Tuwel kecamatan Bojong tepatnya di dukuh Kopigandu. treking ke arah curug luhur kami di suguhi pemandangan lembah dan perbukitan yang enawan pepohonan pinus dan sawah yang menghijau menjadi suguhan yang tak terlupakan.  jalan yang menurun memicu adrenalin kami untuk tetap berhati - hati, setelah bebrapa menit melakukan treking sampai juga kami di aliran sungai Gung, air yang jernih dengan bebatuan besar menggoda kami untuk menikmati segarnya air sungai ini.

Perjalananpun kami lanjutkan, curug luhur sudah mulai tampak dari kejauhan, sampai juga kami di curug yang kami tuju, dengan melewati jembatan bambu kami mendekat ke Muara Curug Luhur, Curug dengan ketinggian berkisar 25 meter ini menghilangkan penat dan lelah kami. Curug yang berada di ketinggian 1000 mdpl mempunyai keunikan tersendiri, walaupun tidak terlalu tinggi namun curug ini merupakan curug tertinggi di wilayah ini.

Akar pepohonan di tebing curug menambahan keunikan curug ini, air yang jernih membuat saya ingin menceburkan diri ketengah curug ini, tetapi niat itu saya urungkan karena tidak membawa baju ganti. duduk duduk di bebatuan besar dan menikmati keindahan alam yang di suguhkan membuat ketenangan tersediri buatku.

Setelah puas menikmati keindahan curug luhur kamipun beranjak dengan kepuasan yang tak terlupakan, terimakasih Curug luhur yang telah memberi ketenangan, semoga keindahan dan keasrianmu tetap terjaga.

1. Bagus sekali mas curugnya..
    saya kalau ke curug biasanya pagi pagi mas, pas cuaca bagus biasanya ada pelanginya. Hehehe

1. udah ke ucurug mana aja nih..
      wah kalo pagi sejuknya luar biasa pastinya

2. This comment has been removed by a blog administrator.

3. aj doyan mno angker mbokn kesambet,akeh setane,,ak be pernh kesambet mriang kosi seminggu,gara" mancing ning kno,tpi miyen wktu durung di gawe wisata,ak wong sokasari,ngmong" sing due blog kye sapa ya wong ndi,