Wednesday, July 6, 2016

Pesona Curug Hordeng Cibereum Sentul


Walau di bulan puasa rasa rindu akan keindahan alam tetap menggebu, 4juli 2016 ahirnya saya bersama teman menjelajahi kota sentul. destinasi  utama kami dalam perjalanan kali ini adalah menikmati pesona Curug Hordeng yang menawan itu. curug hordeng terletak di desa Cibereum Cibadak  Sentul Bogor. untuk menuju ke Destinasi tersebut dapat melalui beberapa jalur. dari arah Jonggol   ( jonggol - Sukamakmur - Cibadak - Ciberuem ) dari Citerep ( Citerep - Tajur - Cibadak - Cibereum ) atau dari gunung pancar. Jika anda melewati jalur Gunung pancar ada beberapa curug yang bisa di nikmati.  Kamipun melewati jalur gunung pancar, Dari bogor ke arah sentul menuju Jungle Land kemudian ke arah gunung pancar, beberapa baliho yang menunjukan nama-nama curug pun kami lewati, mulai dari Curug Intan, curug Yasmin, Leuwi hejo dan curug barong, Curug Cakrawardana. sampai bertemu pertigaan, ada petunjuk yang mengarahkan kami, jika ke  kiri ke arah Jonggol atau Citerep dan ke kanan menuju Loji dan Ciberem. dari pertigaan inilah trek di mulai.

Perjalanan di lanjutkan menyusuri jalanan beton yang treknya luar biasa, kamipun menyusuri jalan yang mantap ini,tikungan tajam dengan tanjakan hampir 60 derajat serta turunan yang membuat jantung berdetak karane ada rasa takut untuk tergelincir. pemandangan bukit dan persawahan menuju desa ciberem sangat menghibur perjalanan kali ini. setrelah hampir 30 menit kamipun menemukan titik terang ke arah curug Hordeng. kami menjumpai pintu masuk Curug Hordeng, dengan membayar tiket Rp.15.000/orang di tambah Rp.5000 untuk parkir kamipun melanjutkan perjalanan ke tempat parkir. ke tempat parkir melewati jalanan tanah merah yang bila hujan pastilah licin. kami menuju rumah  yang di jadikan tempat untuk memarkirkan motor.




Dari sinilah treking mulai menantang, pesona perbukitan menemani jejak-jejak kami. waw... pemandangan yang luar biasa indahnya. Trek yang menanjakpun mulai kami rasakan, jalan setapak di sisi jurangpun kami harus lewati, kami harus ekstra hati-hati. kami terus berjalan dan  menembus hutan kopi. 30 menit berlalu kami menjumpai petunjuk yang mengarahkan ke beberapa tepat. Curug ciburial, luewi Buluh lesueng dan curug kembar. tetapi kami masih penasaran ke curug hordeng, kamipun berjalan lurus menyusuri jalan setapak. menuju curug hordeng kami dapt melihat eksotisme curug kembar dari ketinggian. aliran sungai dan perbukitan nan indah memacu semangat kami.

 

Sampai juga ahirnya kami di depan curug nan indah ini, curug hordeng. rasa lelah terhapus sudah setelah curug hordeng di depan mata. riak aliran curug seakan menghipnotis kami. kamipun memandang lekat takjub melihat keindahan curug hordeng.  walau ketinggian curug ini hanya berkisar 10 meter tetapi sangat unik,pantas saja di sebut curug HHordeng karena bentuknya Lebar seperti tirai. muara curug yang berwarna kehijauan dengan kedalaman sekitar 3 meter menjadikan curug ini tempat yang enak untuk merasakan kesegaran airnya. bebatuan berwarna kuning keemasan menambah pesona keindahan curug ini. 



Tetapi kami harus ekstra hati-hati di curug ini, bekas longsoran yang baru masih terlihat jelas, seakan-akan memberi tanda jika kami harus selalu waspada disini. kami tak boleh lengah saat menikmati keindahan yang di suguhkan di curu hordeng. lama juga kami di sini, hampir 2 jam kami bercumbu dengan riak air curug yang menyegarkan. jam menunjukan pukul 12.00 kamipun beranjak meninggalkan keeksotisan curug hordeng menuju curug kembar. Wajib di ingat jika sahabat traveller ke sini jangan buang sampah sembarangan bawa balik lagi yaaa.. dan hati-hati rawan longsor, jika keadaan mendung cepat tinggalkan tempat ini. Perjalanan selanjutnya kami menuju Curug Kembar (http://jalantraveller.blogspot.co.id/2016/07/curug-kembar-cibereum-sentul.html)



12 comments:

  1. persis yaa curugnya sama leuwi hejo tapi disini agak lebaran dan lebih luas, aaak makasih kak andi infonya

    ReplyDelete
  2. Namanya lucu yaa curug hordeng, hihihi... Kemarin pas ke Sentul belum nemu info klo ada curug ini. Berarti kapan-kapan harus balik lagi :)
    Trims infonya!

    maeshare.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Sentul. Kawasan dengan banyak objek wisata yang belum pernah saya kunjungi :(

    ReplyDelete
  4. Wah boleh juga nih jadi rekomendasi buat main sama temen, apakah ini sudah resmi jadi tempat rekreasi ? ta[i qo kaya sepi gtu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru yang sepi yang mantap efendi.. kan berasa air terjun milik sendiri kan...

      Delete
  5. Bogor ya.... someday, ke situ, hehe
    www.jriepe.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll kang.. ayo nkmati keindahan alam indonesiaa

      Delete
  6. ass. kang Supriyadi Andi...ijin download 1 file ya...buat latihan melukis...yg curug cidadap...

    ReplyDelete